Text

flash

Selasa, 01 November 2011

Kesempatan sebelum Kesempitan

Ada nasihat bagus banget nih buat kita dalam rangka menghadapi kesempatan sebelum dateng kesempitan, yaitu dengan memanfaatkan masa yang lima sebelum dateng masa yang lima :
1. Masa sehat sebelum masa sakit
Tidak selalu kita dalam keadaan sehat, tidak selalu kita dalam keadaan fit terus. Sewaktu sehat banyak     kesempatan yang kita lewatkan. Kita ngerasa sehat itu berharga kalo kita jatuh jatuh sakit. Oleh karena itu, selagi sehat manfaatkan dengan melakukan kegiatan yang banyak dan berguna.
2. Masa muda sebelum masa tua
Ada pepatah, "kelapa muda kupas-kupasin, udah tua tinggal batoknya; waktu muda puas-puasin, udah tua tinggal bongkoknya". Masa muda itu gak akan kita alami selamanya. Kita gak akan muda seumur hidup. Jangan mengulur waktu. "Telur hari ini lebih baek dari ayam hari besok". Gak perlu menunggu untuk berbuat baik, lakukan aja!

3. Masa kaya sebelum masa miskin
Kekayaan tidak identik dengan materi, kaya itu bisa aja berhubungan dengan kemampuan, pengalaman, dan juga harta. Jangan sampe kebiasaan kita yang yah, gak oke-oke banget sih, tapi beraniin aja untuk kita aplikasiin dalam berbagai aspek kehidupan kita. Jangan sampe kita jatuh miskin. Miskin ide, jutek aja bawaannya. Jadi sewaktu kita masih punya kekayaan, apapun bentuknya, pake aja, oke?

4. Masa senggang sebelum masa sibuk
Sibuk ini sebenernya sudah jadi hal yang biasa menimpa setiap orang. Sibuk sih oke-oke aja, tapi kalo sibuk jadi alasan (biasanya ditambahin sok, jadinya sok sibuk), sepertinya waktu yang 24 jam itu gak cukup. Padahal yang bikin gak cukup adalah cara kita mengelola waktu tersebut. Jadi jaga waktu senggang ya?

5. Masa hidup sebelum masa mati
Wah, pas bagian ini jadi rada-rada serem. Gpp ya? Hidup itu bukan akhir, tapi batas. Dunia boleh masuk era globalisasi, dunia yang tanpa batas, tapi gmn halnya dengan hidup? Ga bisa lha yauww! Hidup tetap punya batas; mati itu batasnya. Jadi sebelum batas itu dateng, ada baiknya kita manfaatin hidup. Coba aja segala yang kita bisa bagi buat orang laen. Kita bisa jadi orang yang CSF. Care, Share and Fair. Kita bisa jadi orangyang peduli(care); karena kita peduli maka kita harus berbagi (share) dan dari situ sebenernya kita jadi orang yang bisa berbuat adil (fair)-adil itu bisa nempatin sesuatu pada tempat yang seharusnya. It's a simple life toh?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons